Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) melantik Direktur Eksekutif Daerah termuda se-Indonesia yakni Muhamad Fajar Santoso untuk memimpin PKBI Daerah Lampung menggantikan Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Eksekutif sebelumnya Budisantoso Budiman.

“Saya bisa katakan bahwa M Fajar Santoso adalah Direktur Eksekutif PKBI termuda se-Indonesia dengan usia 23 tahun,” kata Direktur Eksekutif Nasional PKBI Eko Maryadi, di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, dengan munculnya pemimpin muda di PKBI Lampung, ini merupakan salah satu bentuk keberhasilan program regenerasi dan juga bagaimana proses seleksi pemilihan direktur eksekutif PKBI di Lampung ini berjalan sangat baik.

“Saya juga meminta agar Direktur Eksekutif yang baru dapat membangun komunikasi yang intensif, baik dengan pengurus pusat maupun dengan daerah sehingga visi dan misi PKBI dapat berjalan dengan baik di Lampung,” kata dia.

Sementara itu, Pjs Direktur Eksekutif PKBI Lampung sebelumnya Budisantoso Budiman mengatakan bahwa dalam proses rekrutmen direktur eksekutif yang baru ini menempuh proses yang cukup panjang dan melelahkan.

“Fajar ini memang usia masih muda, tapi yang bersangkutan memiliki potensi dan kapasitas untuk berkembang lebih baik,” kata dia.

Menurutnya, ke depan anak-anak muda yang ada di PKBI akan mengemban tugas yang berat sebab beberapa program sudah mulai berjalan mulai dari Klinik Pratama Plus, masuk ke dalam satgas penanganan kekerasan anak dan perempuan, dan percepatan penanganan stunting di Lampung serta program lainnya yang sedang disusun.

“Namun begitu saya yakin PKBI Lampung yang 80 persen di dalamnya adalah anak muda dapat menjalankan semua program dengan baik. Kini sudah saatnya anak muda yang berpikiran luas yang memimpin,” kata dia.

Sementara Direktur Eksekutif PKBI Lampung yang baru dilantik M Fajar Santoso, menyatakan kesiapannya dalam mengemban amanah yang diberikan kepadanya.

“Insya Allah amanah yang diberikan akan dijalankan dengan sebaik-baiknya, namun karena saya masih relatif muda sehingga kami butuh masukan dan arahan dari pengurus-pengurus PKBI baik pusat maupun daerah,” kata dia.

Hadir pula memberi sambutan dan arahan dalam pelantikan dan sertijab direksda PKBI Lampung ini Ketua Pengurus Daerah PKBI Lampung dr H Wirman M Kes.

Dokter Wirman menyampaikan pula sejarah pendirian dan kiprah PKBI, terutama yang menginisiasi Program Keluarga Berencana (KB) secara nasional, sehingga kemudian terbentuk Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Ia juga mempromosikan keberadaan Klinik Pratama Ragom Kencana PKBI Lampung yang dicanangkan memiliki layanan berbeda dibandingkan kebanyakan klinik umumnya. Karena itu, ia mengajak para pihak terkait untuk dapat menjalin kerja sama dengan PKBI Lampung.