Bandarlampung – Klinik Ragom Kencana Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung bersama Relawan Kemanusiaan dan dan Klinik Kenanga menggelar pelayanan kesehatan gratis di Dusun Suka Bandung, Desa Negararatu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Dalam aksi ini, warga dari berbagai usia turut serta memeriksakan kondisi kesehatannya, Jumat (12/8).

Antusias warga pun sangat terlihat. Mereka berbondong-bondong memeriksakan kesehatan pada kegiatan yang dibuka sejak pukul 10.00 WIB hingga selesai.

“Setiap pasien dapat berkonsultasi langsung dengan tim medis untuk memastikan kondisi kesehatan mereka. Selain itu, pasien juga mendapatkan obat, vitamin, susu Entrasol dan sampel gula dari diabetasol,” ujar Eka dari Klinik Kenanga.

Gunadi, Kepala Dusun Suka Bandung, Desa Negararatu menuturkan, pelayanan kesehatan seperti ini sangatlah bermanfaat untuk warga. Karena, aksi ini memungkinkan warga memastikan kondisi kesehatannya.

“Saya mewakili warga Dusun Suka Bandung mengucapkan terima kasih kepada Klinik Ragom Kencana PKBI Lampung beserta Klinik Kenanga dan Relawan Kemanusiaan karena sudah melaksanakan kegiatan di tempat kami dan ini sangat bermanfaat untuk kami semua,” ujar Gunadi.

Pemeriksaan medis di Dusun Suka Bandung ini mendapatkan hasil kebanyakan keluhan medis warga ialah pegal-pegal, linu persendian, kadar gula tinggi serta asam urat. Hasil ini didapatkan dari screening dan pemeriksaan medis serta konsultasi bersama pasien.

Fernandes Purba yang biasa disapa Ucok, salah satu relawan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa dirinya beserta beberapa relawan siap mendukung segala macam bentuk kegiatan kemanusiaan guna kemanfaatan dan kemaslahatan bersama.

Terlebih lagi kegiatan tersebut sangat bermanfaat, selain mengobati penyakit yang sudah ada, juga sebagai edukasi terhadap masyarakat bahwa pentingnya memperhatikan kesehatan guna mengantisipasi dan mencegah kemungkinan-kemungkinan timbulnya penyakit yang lebih parah.

Ucok juga menyampaikan harapannya agar ke depan lebih intens untuk kegiatan guna kemanfaatan terhadap masyarakat, dan pihaknya sebagai relawan akan selalu siap mendukung segala macam bentuk kegiatan positif bagi masyarakat.

source : Antara